Thursday, February 7, 2013

Tips Ngerjain Try Out

Try Out atau biasa disingkat TO merupakn ajang uji coba untuk mempersiapkan siswa untuk menghadapi Ujian Nasional atau UN. Setiap sekolah pasti akan mengadakan TO sebanyak dua sampai  tiga kali tergantung kebijakan dari setiap sekolah. Buat siswa yang sedang dihadapkan dengan TO, bisa memanfaatkan tips ngerjain to dari gua. Berikut tipsnya,

1. Anggaplah TO ini Layaknya UN yang Sesungguhnya
Agar TO yang kita lakukan bermanfaat, kita harus menganggap TO ini seperti UN beneran. Kenapa gitu? Soalnya biar kita serius belajar dan ngerjainnya dengan sungguh-sungguh. Jangan pernah nganggap TO ini hanya TO, soalnya kita bakal nganggep santai dan gak belajar.

2. Manfaat TO untuk Mengukur Kemampuanmu
Banyak manfaat dari TO. Salah satunya adalah untuk mengukur sampai mana kemampuanmu dalam menguasai materi yang di UNkan. Kalo kamu emang lancar ngerjain TOnya, berarti kamu emang udah siap buat menghadapi UN yang ada di depan kamu.

3. Jangan Nyontek
Jangan nyontek! Itulah hal yang paling utama dalam kita menghadapi TO atau ujian-ujian lainnya. Kenapa jangan nyontek? Percuma kita ikut TO capek-capek kalo ujung-ujungnya nyontek, yang ada kita gak bisa ngambil manfaat dari TO tersebut.

4. Persiapkan dengan Maksimal
Bagaimana cara menyiapkannya? banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menyiapkan hal tersebut. Misalnya aja dengan mengikuti konsultasi di bimbingan belajar tempat kita les. Atau kita bisa belajar bersama kelompok belajar. Atau kita juga bisa belajar sendiri di rumah.

5. Siapkan Mental
Biasanya ada orang yang tegang ketika menghadapi TO karena sudah tersugesti dengan UN yang menakutkan. Jadi siapkan mentalmu semaksimal mungkin. Perbanyak doa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar kamu diberi kemudahan ketika melaksanakan TO.

6. Siapkan Peralatan untuk TO
Ini sebenernya sepele tapi sangat berakibat fatal kalo gak disiapin. Peralatan untuk TO seperti pensil 2b, penghapus, dan serutan merupakan perangkat yang wajib kita siapkan untuk menempuh TO maupun UN. Jadi, harus kita siapkan secara maksimal.

Mudah-mudahan tips yang gua kasi berguna dan bisa mempermudah jalan kita untuk mengerjakan TO. AMIN O:)

No comments:

Post a Comment