Wednesday, January 30, 2013

PTN atau PTS ?

PTN (Perguruan Tinggi Negeri) atau PTS (Perguruan Tinggi Swasta)? Pertanyaan ini sering sekali menghantui anak-anak yang sedang duduk di kelas XII SMA. Banyak dari mereka pengen masuk PTN dengan alasan PTN lebih baik di bandingkan PTS. Masa si PTN pasti lebih baik daripada PTS? Jawabannya SALAH, sebenernya PTN atau PTS tuh sama aja baiknya. Gak ada yang lebih baik. Yang lebih baik tuh mahasiswanya bukan kampusnya.

Buat yang masi galau, gua punya beberapa tips nih yang bisa lu ikutin,

1. Pilihlah Perguruan Tinggi yang Mendukung Jurusan yang Kalian Minati
Disini gua mau ngasi tau aja buat kalian yang masi galau milih kuliah, coba lu merenung dulu dalam lubuk hati lu yang paling dalem. Lu tuh mau masuk  jurusan apa si? Nah, kalo dah tau mau masuk jurusan mana baru lu milih tempat kuliah. Misalnya aja lu mau masuk jurusan Teknik Arsitektur nih, baru lu cari tau lewat internet kampus mana si yang mendukung jurusan lu itu? Dan ternyata yang paling mendukung jurusan teknik arsitektur adalah Universitas Katolik Parahyanagan. Loh? Kok PTS? Ya gak masalahlah, soalnya buat apa lu ngambil PTN kalo ternyata PTN itu gak mendukung buat lu belajar teknik arsitektur? Oh iya mendukung disini maksudnya memiliki akreditasi yang baik dan lulusan yang baik juga yaa.

2. Jangan yang Penting PTN
Masi berhubungan dengan yang pertama, sangking terobsesinya lu sama PTN lu nekat ngambil jurusan yang gak jelas. Jangan sampe lu nekat ngambil jurusan yang peminatnya dikit demi masuk PTN padahal lu gak suka sama jurusan itu. Misalnya aja lu mau ngambil FKUI (Fakultas Kedokteran UI) tapi karena peminatnya banyak dan lu mulai pesimis, lu ngebanting stir dan ngambil jurusan sastra Jawa Universitas Indonesia demi masuk PTN. Gua berani jamin lu gak bakal bisa menjadi diri lu sendiri soalnya lu ngambil apa yang gak lu suka dan penyesalan bakal dateng di belakang. Daripada penyesalan yang lu dapet, mending lu ke tips yang pertama aja.

3. Pilihlah Perguruan Tinggi Secara Realistis
Realistis maksudnya melihat segalanya dengan melihat kenyataan yang ada. Apa hubungannya sama milih Perguruan Tinggi? Tentu aja ada hubungannya. Disini gua mau menekankan kalo emang lu gak sanggup atau lu belom keterima masuk PTN ya jangan dipaksakan harus PTN. Soalnya pasti lu bakal berakhir dengan mengenaskan. Contohnya aja kalo tahun ini lu gak keterima di PTN dan lu memutuskan untuk gak kuliah setahun buat nunggu tes PTN tahun depan. Itu bakal negebunuh diri lu sendiri soalnya belom tentu sistem penerimaan mahasiswa baru PTN sama dengan tahun ini. Bisa aja tahun depan yang bisa masuk PTN cuma siswa yang lulus tahun 2014. Kalo dah gitu lu mau ngapain? Jadi gembel? Apa jadi pengangguran? Jadi kalo udah gak dapet PTN ya cari PTS ajaa.

4. Jangan Menyusahkan Orangtua
Orangtua kita kerja banting tulang dari pagi sampe malem buat ngebiayain hidup kita. Nah karena itulah lu jangan nyusahin mereka. Lu harus pinter milih kuliah yang harganya terjangkau dengan kualitas yang baik. Jangan sampe lu milih Perguruan Tinggi yang elit demi mengejar gengsi padahal orangtua lu gak sanggup buat ngebiayainnya. Harusnya sebagai anak lu meringankan beban mereka dengan cara mencoba mencari beasiswa dari perguruan tinggi yang lu inginkan.

Mungkin itu dulu deh soalnya belom kepikiran lagi hehe nanti kalo ada tambahan langsung comment aja yaa


No comments:

Post a Comment

Post a Comment